Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatu ...

 

Kepada pengunjung Website TKJ CLUB yang kami hormati,

Dalam kesempatan kali ini, kami mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak yang memberi dukungan yang tulus untuk mau melakukan perubahan Pendidikan Indonesia yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Bersama ini kami ingin menyampaikan beberapa pengalaman yang sangat berharga selama kurang lebih 5 (lima) tahun Program TKJ CLUB melakukan penelitian dan ujicoba tentang Studi Kelayakan Pendidikan Kejuruan khususnya didaerah kami. Kami selaku pemerhati Pendidikan Kejuruan telah melewati beberapa pengalaman, cobaan, hambatan hingga Program TKJ CLUB menjadi kebutuhan masyarakat saat ini  sudah mulai diterima oleh masyarakat baik itu dari kota maupun dari daerah.

 

Awalnya kurang lebih 5 (tahun) yang lalu kami memperkenalkan Program TKJ CLUB ini ke masyarakat hingga ke lembaga pendidikan kejuruan tentu saja menuai penolakan baik dari kota hingga ke daerah-daerah, sebab mereka belum merasa yakin dan percaya dengan keunggulan-keunggulan Program TKJ CLUB. Dalam kesempatan kali ini kami hanya ingin menjelaskan beberapa pertanyaan yang paling sering muncul ketika kami mencoba untuk menyampaikan tentang Program TKJ CLUB kepihak masyarakat maupun ke Lembaga Pendidikan Kejuruan yaitu :

  1. Apa itu Program TKJ CLUB ?
  2. Apa Tujuan Program TKJ CLUB ?
  3. Apa Visi dan Misi Program TKJ CLUB ?
  4. Apa keunggulan dan manfaat Program TKJ CLUB ?
  5. Mengapa Program TKJ CLUB mau memperhatikan Lembaga Sekolah Kejuruan ?
  6. Apa Output Program TKJ CLUB ?

Sebelum kami menjawab pertanyaan diatas, kami ingin mejelaskan beberapa temuan penting yang perlu diketahui selama kurang lebih 5 (tahun) kami menjalankan Program ini. Ada beberapa hal yang membuat kami merasa bahwa Pendidikan Kejuruan mengalami penurunan nilai Kompetensi yang cukup tajam, sehingga akan sangat mempengaruhi Kualitas Sumber Daya Manusia sebagai Output/ Hasil atau keluaran bagi Lembaga sekolah Kejuruan. Melihat Kondisi Sumber Daya Manusia Mungkin kalau didaerah perkotaan tidak begitu kelihatan secara real pengaruhnya, tetapi dengan bagaimana kondisi dari daerah ? tentu akan berbeda jauh. Pemerataan Ilmu Pengetahuan khususnya Kejuruan terkait dengan nilai-nilai Kompetensi, ternyata masih selalu berpihak ke kota apalagi di kota besar dibandingkan dengan didaerah. Mengapa seperti itu ??

 

Berdasarkan pengalaman yang menjadi temuan-temuan kami selama kurang lebih 5 (lima) tahun ternyata kondisi Peserta anak-anak kita masih jauh dari harapan, diatara mereka masih banyak yang tidak memahami mengapa mereka berada di jurusan yang belum mereka kuasai dengan baik. Lantas yang menjadi pertanyaan, output Lembaga Pendidikan Kejuruan apakah memang seperti itu apa adanya ??, Mengapa bisa seperti itu ??. Disinilah letak persoalannya, ketika kita menelusuri ternyata ada beberapa faktor penting yang membuat anak-anak didik kita khususnya di pendidikan kejuruan belum memiliki Kompetensi/ SKILL yang pantas untuk diterapkan didunia Industri.

 

Pertama, Output dari Kurikulum khususnya jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) ternyata belum sejalan dengan apa yang terjadi dilapangan, maksudnya pencapaian target kurikulum belum terpenuhi dan diserap dengan baik oleh Peserta anak-anak didik kita sementara mereka sudah harus terjun ke dunia Industri untuk melaksanakan Program Praktek Kerja Industri yang justru malah membuat Image Lembaga Pendidikan Kejuruan menjadi kurang baik dimata Dunia Industri ;

 

Kedua, rata-rata (SDM) Sumber Daya Manusia Tenaga Pengajar di Lembaga Pendidikan Kejuruan belum mempunyai  nilai kompetensi yang jelas atau masih minim dengan Disiplin Ilmu untuk melakukan transfer Ilmu Pengetahuan kepada peserta didik di Lembaga Pendidikan Kejuruan. Maksudnya, sangat sering kami menemukan tenaga pengajar yang berasal dari Lembaga Pendidikan Kejuruan yang kurang menguasai dengan baik inti materi sehingga mereka tidak mampu menyelesaikan target kurikulum dengan baik dan benar ; 

 

Ketiga, Kondisi sarana dan prasarana Infrastruktur Lembaga Pendidikan Kejuruan belum memadai atau tidak ada sama sekali, sehingga kurangnya pelaksanaan PRAKTEK yang membuat anak didik kita cenderung banyak berhayal padahal Disiplin Ilmu khususnya jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) sangat diwajibkan untuk melakukan Pratek SETIAP HARI ;

 

Keempat, Pihak manajemen Lambaga Pendidikan Kejuruan terkadang kurang memperhatikan aspek-aspek penting tentang pentingnya anak didik memiliki Kompetensi sesuai jurusan atau bidang-nya sehingga membuat anak didik merasa kurang mendapatkan perhaitan dari sisi Kompetensi dan hak mendapatkan apa yang menjadi harapan anak didik itu sendiri termasuk orang tua anak didik.

 

Kelima, ternyata begitu banyaknya mata palajaran ditambah dengan tugas-tugas baik itu tugas disetiap mata pelajaran maupun ekstrakurikuler disetiap harinya, dapat membuat mereka mengurangi bahkan kehilangan nilai-nilai Kompetensi atau Keterampilan sesuai Jurusan yang dibidanginya

 

Dari kelima permasalahan pokok diatas tentu saja menjadi perhatian kami selaku pengembang Program, apakah memang hampir semua Wajah Pendidikan Kejuruan kondisinya seperti itu ??. Lantas, dengan kondisi anak didik seperti itu siapa yang paling bertanggunjawab terhadap kondisi anak didik kita ?? Siapa yang mau memperhatikan anak didik mereka dengan baik ?? Kemudian setelah anak didik menyelesaikan Studi mereka di Lembaga Pendidikan Kejuruan, mereka mau kemana ?? Bukankah harapan orang tua siswa/siswi sangat berharap kepada Lembaga Pendidikan Kujuruan untuk membantu anak mereka dalam proses pencarian jati diri bagi anak mereka ?? Peranyaan seperti ini terkadang masih belum mendapatkan jawaban yang memuaskan bagi pihak orang tua siswa.

 

Dari pengalaman dan temuan kami selama kurang lebih 5 (lima) tahun ini, itulah gambaran yang dapat kami sampaikan tentang kondisi anak didik dari Lembaga Pendidikan Kejuruan khususnya anak didik yang berada dijurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan). Berdasarkan Kondisi tersebut kami dari pihak pengembang Program TKJ CLUB ingin memberikan satu Komitmen untuk ingin terlibat dalam permasalahan pendidikan kejuruan yang dihadapi saat ini, tentu saja hal ini melalui proses yang cukup panjang dan tidak mudah dengan harapan ingin MEMPERBAIKI SUMBER DAYA MANUSIA anak didik kita, karena sesungguhnya mereka adalah ASET penting bagi Bangsa dan Negara Indonesia.

 

Maka untuk itu kami ingin menjelaskan tentang Program TKJ CLUB kepada pengunjung Website ini dengan tujuan akan mejadi satu alasan mengapan Program TKJ CLUB hadir dan ingin memberikan layanan terbaik bagi Peserta anak didik dan Lembaga Pendidikan terkait.

 

APA ITU PROGRAM "TKJ CLUB"  ??

Program TKJ CLUB merupakan pengembangan model pendidikan karakter yang berbasis kepada Sumber Daya Manusia yang disesuaikan dengan minat dan bakat serta nilai kompetensi bagi peserta Program agar menjadi BIBIT yang UNGGUL melalui Program Praktek Kerja Industri. Karena Program TKJ CLUB merupakan pengembangan model pendidikan karakter berbasis SDM (Sumber Daya Manusia) maka kami menganut 3 (tiga) Prinsip Karakter Dasar yaitu DISIPLIN WAKTU, DISIPLIN SIKAP dan DISIPLIN ILMU.

  1. DISIPLIN WAKTU, Disiplin Waktu bagi peserta didik merupakan merupakan hal yang sangat penting dengan dengan adanya disiplin waktu membetuk pola kesadaran bagi peserta didik agar selalu menghargai waktu seperti bagaimana mereka menghargai usia hidup atau umur mereka sendiri, maka dalam Program TKJ CLUB menjunjung tinggi penggunaan waktu yang efisien dan efektif dalam perolehan dan penguasaan materi inti Program TKJ CLUB ;
  2. DISIPLIN SIKAP, Disiplin Sikap merupakan substansi pokok dalam pengembangan Pendidikan Karakter dalam pelaksanaan Program TKJ CLUB, Sikap dan Perilaku peserta didik dituntut untuk selalu memiliki semagat dan kemauan yang tinggi dan selalu berfikir Dewasa untuk mencapai tujuan dalam pelaksanaan Program atau kesuksesan Program maka dengan sendirinya akan membentuk karakter Dewasa dalam menjalani kehidupan sehari-hari ;
  3. DISIPLIN ILMU, Disiplin Ilmu merupakan hal pokok dalam pengembangan SKILL dan Kompetensi bagi Peserta. Fokus dalam menjelajahi materi secara mendalam dan berulang-ulang dengan dukungan STUDI KASUS akan memberikan pengalaman Teknis dan non Teknis terhadap penguasaan materi bagi peserta didik sehingga Profesional dibidangnya khususnya dijurusan TKJ (Teknik Komuter dan Jaringan).

 

APA TUJUAN PROGRAM "TKJ CLUB" ?

Program TKJ CLUB hadir dengan tujuan untuk membentuk, membina, melatih dan mengembangkan pola pikir dan kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia) bagi peserta didik mejadi bentuk Pendewasaan dan Penguasaan Diri dalam menghadapi tantangan Global khususnya dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang IPTEK tidak bisa didiamkan begitu saja khususnya bagi para generasi muda yang tidak lain adalah anak didik kita selaku generasi penerus karena setiap detik, menit dan jam akan ada perkembangan teknologi baru sehingga penguasaan IPTEK hukumnya Wajib agar para peserta tidak tertinggal dengan ilmu pengentahuan yang ada. Disisi lain Tujuan Program TKJ CLUB adalah memberikan layanan kepada publik maupun Lembaga Pendidikan Kejuruan dalam pemerataan Ilmu Pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi mulai perkotaan dari hingga ke pelosok daerah terpencil sekalipun agar tidak adanya perbedaan antara status sosial, budaya dan ras dalam peroleh informasi secara berkelanjutan.

 

APA VISI MISI PROGRAM "TKJ CLUB" ?

VISI Program TKJ CLUB adalah menjadikan Program TKJ CLUB sebagai pusat pelatihan dan pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) dalam penguasaan dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi khsusnya dibidang Teknik Komputer dan Jaringan dikawasan Timur Indonesia.

MISI Program TKJ CLUB :

  1. Menyediakan sarana dan prasarana dalam mendukung pelaksanaan Program ;
  2. Menyediakan Tenaga Pelatih yang Profesional dibidanganya guna mendukung pelaksanaan Program ;
  3. Menyelenggarakan Program Pelatihan dan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi secara Intensif guna mencetak bibit unggul bagi peserta Program ;
  4. Menyelenggarakan Program "TUTOR MANDIRI" guna membentuk & membangun Talenta mengajar bagi Peserta Program TKJ CLUB ;
  5. Membina kerjasama dengan pihak Pendidikan Formal dan Non Formal dalam rangka pengembagan Program ;
  6. Membentuk Komunitas dibidang Pendidikan dan Penelitian IPTEK " KOMUNITAS TKJ CLUB " guna melaksanakan pengembangan Ilmu pengetahuan dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta menjalin hubungan silaturrahmi bagi setiap angkatan Alumni TKJ CLUB.

 

APA KEUNGGULAN DAN MANFAAT PROGRAM "TKJ CLUB" ?

Dalam pengembagan Program TKJ CLUB banyak keunggulan dan manfaat yang dapat disarakan secara langsung maupun tidak langsung baik itu bagi peserta didik maupun bagi Lembaga Pendidikan Formal dan Non Formal yang terlibat dalam pelaksanaan Program TKJ CLUB yaitu :

 

Manfaat bagi Peserta Program

  1. Dalam pelaksanaan Program TKJ CLUB, para peserta akan mudah mendapatkan Ilmu Pengetahuan yang ter-update sesuai dengan perkembangan Materi dan Teknology ;
  2. Penerapan Studi Kasus, Pengulangan Materi, penggunaan Analisa dan Logika berfikir menjadi ujung tombak dalam penguasaan materi ;
  3. Proses pembelajaran secara Intensif akan membangun dan membentuk minat belajar bagi Peserta Program ;
  4. Penerapan Pola kerja setara dengan konsep dan cara kerja Dunia Industri yang sesungguhnya akan membentuk disiplin dan etos kerja baik dan mampu bertahan dalam tekanan kerja didunia Industri ;
  5. Memberikan keterampilan khusus bagi peserta didik dengan Disiplin Ilmu yang dimiliki yang dapat digunakan untuk kepentingan tertentu seperti peserta mampu menguasai Ujian Kompetensi, LKS (Lomba Keterampilan Siswa) maupun digunakan untuk berwirausaha.

Manfaat bagi Lembaga Formal dan Non Formal

  1. Kerjasama antara Program TKJ CLUB dengan Lembaga Formal dan Non Formal akan memberikan pengaruh positif bagi lembaga terkait sebab akan mendongkrak Citra Lebaga dimata Publik atau akan menambah kepercayaan masyarakat karena telah memiliki SDM (Sumber Daya Manusia) yang siap bersaing didunia industri ;
  2. Dengan adanya Program " TUTOR MANDIRI " pihak Lembaga Pendidikan Kejuruan tidak lagi mengalami kekurangan tenaga Pengajar sebab Peseta yang telah mengikuti Progrtam Tutor Mandiri dapat dijamin mampu menjadi Tutor Sebaga di Lembaga Pendidikan Kejuruan khususnya dijurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan).

 

MENGAPA PROGRAM TKJ CLUB MAU MEMPERHATIKAN PENDIDIKAN KEJURUAN ?

Pada Dasarnya Program TKJ CLUB sudah banyak melihat dan merasakan kondisi Pendidikan Kejuruan terkait dengan Kwalitas output-nya selama kurang lebih 5 (lima) tahun belakangan ini. Hal ini dapat dilihat langsung dari Peserta anak didik didunia Industri yang masih minim bahkan sama sekali tidak memiliki Disiplin Ilmu sesuai dengan Jurusannya khususnya Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Kami ingin melihat para peserta untuk mendapatkan kembali hak-nya dalam menguasai materi-materi Produktif sesuai dengan Jurusan dibidangnya khususnya dijurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) guna sebagai bekal hidup setelah mereka menyelesaikan studi di sekolah Kejuruan agar dapat merambah ke dunia Industri dengan bekal keterampilan atau keahlian yang mereka miliki. Selama ini yang terlihat didepan publik adalah dengan kondisi peserta didik dengan kwalitas rendah justru banyak mendapatkan cemohan, sindiran bahkan tidak jarang peserta didik direndahkan dan di Eksploitasi oleh pihak Industri dengan sengaja karena mereka tidak memiliki Ilmu Pengetahuan yang pantas untuk duduk didunia Industri. Hal ini harus dirubah dan tidak boleh dibiarkan begitu saja sebab akan memperburuk citra bagi Lembaga Pendidikan Kejuruan. Dengan hadirnya Program TKJ CLUB maka akan merubah persepsi Dunia Industri lainnya tentang kondisi Peserta didik dengan kondisi minim Ilmu pengetahuan menjadi DIHARGAI di DUNIA INDUSTRI, dan itu akan menjadi kepuasan tersendiri bagi kami selaku pengembang Program TKJ CLUB.

 

APA OUTPUT PROGRAM TKJ CLUB ?

Dalam masa pelaksanaan Program TKJ CLUB tentu saja sudah banyak mencetak Program-program kegiatan sebagai bentuk Sosialisasi Program baik dilingkungan Pendidikan Formal, Non Formal sampai ketingkat Universitas. Adapun Output Program TKJ CLUB semuanya mengarah ke Pengembangan Sumber Daya Manusia khususnya dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Diantaranya yaitu :

  1. Pelatihan Program TKJ CLUB melalui Praktek Kerja Industri dari SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) ;
  2. Pelatihan dan Kursus Program TKJ CLUB secara Conventional ;
  3. Kegiatan Pengawasan Ujian Kompetensi Siswa/Siswi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) ;
  4. Kegiatan Pendampingan Lomba Keterampilan Siswa (LKS) tingkat Kabupaten, Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional ;
  5. Kegiatan Pelatihan MGMP Guru-guru Sekolah Menengah Kejuruan ditingkat Kabupaten ;
  6. Kegiantan Pelatihan dan WorkShop dan Seminat IT ditingkat Universitas ;
  7. Pembentukan Pengurus Komunitas TKJ CLUB. 

Semua Output Kegiatan dapat dilihat dilihat pada GALLERY KEGIATAN  Program TKJ CLUB.

 

Besar harapan kami untuk selalu ingin mengembangkan Program ini dan tidak pandang bulu siapa dan dari manapun selama ada keinginan atau kemauan untuk maju, kami segenap team TKJ CLUB selalu memberi dukungan. Terima kasih atas bantuan dan dukungan semoga Program TKJ CLUB mendapatkan restu dari berbagai pihak demi masa depan bagi anak didik kita kedepan. Terima kasih, Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

 

Hormat kami,

Owner and Founder Program TKJ CLUB

  

PIC

Aliansyah

Ketua LKP. AKSARA TEKNO EDUKASI

HP : 0813 42 656 252, e-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

 

 


Logo-TKJ-CLUB-2014-2

Program TKJ CLUB (Merek, Logo dan Sistem) telah dilindungi oleh Hukum yang berlaku di Indonesia, melalui Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual No. Registrasi : J152014033997, Pelanggaran atas Hak Cipta akan mendapatkan Sanksi Hukum yang berlaku di Indonesia.