DEBIAN : NTP Server PDF Cetak Email
Ditulis oleh Tutor TKJ CLUB   
Selasa, 07 April 2015 06:28

Disini saya ingin berbagi tentang NTP Server  yang baru saja ketahui, jadi maaf apabila banyak kekurangan. langsung saja di simak !!!

NTP

Pengertian NTP Server

NTP server atau yang lebih dikenal dengan Network Time Protocol adalah aplikasi layanan dari server untuk melakukan sinkronisasi waktu dengan client-clientnya. Sehingga waktu yang ada di sebuah jaringan sama dan seragam. Proses sinkronisasi ini dilakukan di dalam jalur komunikasi data yang biasanya menggunakan protokol komunikasi TCP/IP

Fungsi NTP Server

Network Time Protocol (NTP) merupakan sebuah mekanisme atau protocol yang berfungsi mengatur waktu dan menyamakan waktu yang terdapat pada komputer server dengan komputer client

Sejarah NTP Server

NTP merupakan sebuah aplikasi yang berbasiskan Internet protocol yang paling lama. NTP ditemukan pada tahun 1984 oleh seseorang bernama Dave Mills yang berasal dari Universitas Delaware.
NTP sampai saat ini sudah tercipta sebanyak empat versi.

NTP versi 0 atau cikal-bakal NTP protokol berawal pada tahun 1985. Versi percobaan ini akhirnya di dokumentasikan menjadi NTP versi 1 pada tahun 1988. Kemudian pada tahun 1989 muncul versi 2 dari NTP yang di dalamnya terdapat cukup banyak fasilitas yang baru.

Pada tahun 1992, versi 3 NTP muncul ke dunia Internet dengan konsep penanganan error dan analisisnya untuk membuat perhitungan waktu lebih akurat.

Namun, versi ini tidak bertahan lama karena setelah dilakukan evaluasi dan revisi yang teliti, dalam tahun yang sama juga, para peneliti merasa membutuhkan sebuah nomor versi baru untuk revisinya tersebut. Maka, jadilah NTP versi 4 yang lebih baik dan lebih banyak fasilitasnya daripada versi 3 nya. Salah satu fasilitasnya adalah adanya versi tambahan yang dibuat sangat ringan yang diberi nama SNTP.

Cara Kerja NTP Server

NTP bekerja dengan menggunakan algoritma Marzullo dengan menggunakan referensi skala waktu UTC. Sebuah jaringan NTP biasanya mendapatkan perhitungan waktunya dari sumber waktu yang terpercaya seperti misalnya radio clock atau atomic clock yang terhubung dengan sebuah time server. Kemudian jaringan NTP ini akan mendistribusikan perhitungan waktu akurat ini ke dalam jaringan lain (client).

Aplikasi NTP Server

  1. Aplikasi yang dibutuhkan untuk membangun sebuah NTP Server adalah NTP, NTP-DATE, NTP-SERVER
  2. Sistem Operasi Windows sejak Windows 2000 menggunakan Windows Time Service (“w32time”), yang digunakan untuk melakukan sinkronisasi jam komputer ke server NTP

Implementasi NTP Server
Apabila tembok di suatu ruangan berwarna berbeda yang membuat tidak enak di pandang, maka di butuhkan penyesuaian ( Sinkronisasi ) warna yang di lakukan oleh pemilik ruangan ( Server ) terhadap ruangan tersebut ( Client ) dengan melakukan pengecat an ulang, Agar lebih indah di pandang.

 

Kasus NTP Server

Kasus yang sering terjadi pada NTP Server ialah ketika komputer client yang baru di install ataupun baru di nyalakan sering sekali terjadi kesalahan waktu ataupun tidak cocok dengan waktu komputer client lainnya. Oleh sebab itu di butuhkan NTP Server untuk melakukan sinkronisasi waktu agar waktu komputer client dapat sama kembali.

 

Script NTP Server On Debian :

root@dlp:~# vi /etc/ntp.conf

# line 21: make it comment

#server 0.debian.pool.ntp.org iburst
#server 1.debian.pool.ntp.org iburst
#server 2.debian.pool.ntp.org iburst
#server 3.debian.pool.ntp.org iburst
#change servers for synchronization

server ntp1.jst.mfeed.ad.jp
server ntp2.jst.mfeed.ad.jp
server ntp3.jst.mfeed.ad.jp
# line 48: add the network range you allow to receive requests

restrict 10.0.0.0 mask 255.255.255.0 nomodify notrap

root@dlp:~#/etc/init.d/ntp restart


[ ok ] Stopping NTP server: ntpd.
[ ok ] Starting NTP server: ntpd.

root@dlp:~#ntpq -p

# check working


     remote           refid      st t when poll reach   delay   offset  jitter
==============================================================================
 ntp1.jst.mfeed. 172.29.3.50      2 u   27   64    1   18.466   -0.379   0.000
 ntp2.jst.mfeed. 172.29.2.50      2 u   26   64    1   18.773    0.316   0.000
 ntp3.jst.mfeed. 172.29.3.50      2 u   25   64    1   20.092   -2.592   0.000

 

Sumber : http://www.server-world.info/   &   http://rizqiar.web.id/

LAST_UPDATED2